moch iqbal 
berikut hasil brainstorm Disaster Call Designer
kami lampirkan juga beberapa tagline yang muncul pada brainstorm Disaster Call Designer edisi #2
silahkan pilih untuk memvisualkannya
terimakasih
salam kreatif!!!
dear kawan-kawan semua, jogja memang sedang berduka dengan musibah yang menimpa sodara2 kita dilereng merapi, bantuan baik moral maupun spiritual hadir dari berbagai penjuru indonesia tercinta, ini bukti bahwa kita masih memiliki ikatan bathin yang kuat sebagai sebuah bangsa. 
sejurus dengan itu media (cetak/elektronik) ternyata sering memberitakan kondisi dengan bahasa yang sangat bombastis dan berefek buruk pada citra jogja. hal tersebut tentu berimbas negatif pada banyak sektor yang ada dijogja dan sekitarnya.
mengembalikan citra positif jogja adalah sebuah langkah bijak dan efisien karena sesuai dengan bidang profesi yang kita cintai. 
Disaster Call Designer, let's pray n play !!!
NB: karena keterbatasan kontak yang saya miliki, mohon diteruskan ke kawan2 lain
tapi musibah bukanlah akhir cerita, mari bangkit dan berjuang kembali. 
Notulansi brainstorm Disaster Call Designer edisi  #1
A. Pesan yang akan disampaikan :
1. Memberi pemahaman tentang kondisi Jogja bahwa Jogja ada dengan segala kondisinya.
2. Mengabarkan ke dunia luar kalau Jogja masih sebagai kota nyaman huni.
3. Menumbuhkan kembali spirit teman-teman yang kurang beruntung karena merapi, terhadap masa depan mereka sendiri.
4. Sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada relawan yang telah berkorban untuk Jogja.
Keempat pesan terangkum dalam tajuk “ Bersahabat dengan alam” dengan penerapan media berupa “Grafis lingkungan” 
Yang dimaksud dengan grafis lingkungan adalah segala media yang bisa dan patut ditempatkan di lingkungan sekitar kita, termasuk di dalamnya ambience media.
Catatan :
- Sedapat mungkin memunculkan kesan “GAMPANG, LUCU, CERDAS”
- Tidak sara atau hal-hal yang bersifat sensitive
- Tidak mengkultuskan Mbah Maridjan sebagai ikon campaign
- Bisa mengangkat idiom-idiom jawa
- Memungkinkan merangkum hal-hal yang bersifat multikultur, lokalkultur dan spirit
- Universal
B. Media yang disepakati (bersifat sementara dan dapat dikembangkan)
1. Billboard (skala prioritas)
2. Komik
3. Kartu Pos
4. Animasi (untuk di upload di youtube dan vidiotron)
5. Billboard yang direspon dengan multimedia (ditembak dengan proyektor)
6. Mural
C. Kesekretariatan
1. Forum yang terselenggara kemarin menjadi fasilitator bagi teman-teman kreatif untuk mendonasikan desain yang nanti akan dikurasi bersama-sama
2. Desain bisa di dibuat oleh personal maupun komunal
3. Setiap karya harus disertai nama creator dengan ditambahi ADGI sebagai fasilitator sebagai bentuk apresiasi dan pertangungjawaban terhadap setiap karya
4. Karya dapat dikirimkan langsung ke PU atau via email melalui Mas Iqbal RR
D. Deadline/ Timeline
1. Momentum puncak pada tanggal 5 Desember sebagai peringatan 40 hari merapi
2. Skala prioritas pada tanggal 20 November untuk desain yang akan diaplikasikan ke billboard.
3. Kurasi karya I pada tanggal 22 November di PU pada jam 15.30. 
-- 
warm regards,
moch. iqbal
creative director
mobile : 081 7941 7881
YM : termoscantik
blog : http://iqbalrekarupa.blogspot.com
rekarupa
unconventional media specialist
Jl. suryodiningratan 15
Yogyakarta 55141
telp (0274) 7857 567
http://rekarupa.net
-o0o-
tag line umum: 
pring reketeg gunung gamping ambrol, gugur gunung lemah gugur dadi subur, cancut tali wondho mrantasi bebaya 
otot kawat balung wesi, senadyan gawat ning ojo  wedi 
senadyan gununge watuk atine ojo digawe remuk 
otot kawat balung wesi, ayo semangat gek golek rejeki  
tetep semangat nyambut gawe 
sepi ing pamrih, rame ing gawe 
yogyakarta kembali nyaman 
sing wis yo wis 
ada anugreah dibalik musibah 
merapi, abumu tak seputih cintamu  
holopis kuntul baris 
relawan tanpa tanda jasa 
terimakasih relawan 
maturnuwun relawan yang rela 
relawan, jasamu melebihi superman / relamen, jasamu melebihi superman 
relawan belok kiri jalan terus 
puna-relawan 
dateline 26-11-2010 via email iqbal@rekarupa.net
-o0o-







Tidak ada komentar:
Posting Komentar