Rabu, 20 April 2011

= Sew&Share Toys Exhibition

Time
Today at 7:00pm - May 12 at 10:00pm
Location
Via Via Alternative Art Space
Created By
ViaVia Jogja
More Info
SEW&SHARE
Toys Exhibition by Six Needle Six
Maria Magdalena N,W
Fahla F. Lotan
Robet. Kan
Sasta Kirana Putri
Ipo Synthetic
R. Bonar Diat S.P.
21 April - 11 Mei 2011
Via Via Travelers & Alternative Art Space


Memory, All alone in the moonlight
I can smile at the old days
I remember
The time I knew what happiness was
Let the memory live again

Setiap orang memiliki sel-sel kelabu di kepala yang menyimpan sebagian-sebagian peristiwa yang terekam. Peristiwa- peristiwa tersebut menjadi memoar bagi individu-individu. Mencuatkan cuplikan rekaman baik itu yang bersifat realita maupun imaji, menimbulkan stimulan - stimulan yang memaknai perjalanan bagi sebuah jiwa di kemudian hari.

Freud mengatakan semua memori yang masuk ke alam bawah sadar akan membentuk kepribadian manusia. Dalam proses pembentukan pribadi manusia inilah, terkadang memori-memori yang tersimpan mencuatkan diri secara bergantian untuk membentuk persepsi manusia terhadap lingkungan sekitarnya.

Pada pameran kali ini, SEW&SHARE membawa kita pada sebuah memoar. Simbol kanak-kanak yang ditampilkan lewat bentuk –bentuk naïf, dan pemaknaan pesan yang disampaikan melalui figur dan bentuk yang dirancang dengan cermat, dirangkai dalam sebuah medium boneka. Disini kita diajak mengingat sebuah masa, ingatan kita dirujukan pada ingatan masa kecil. Dan ketika kita dihadapkan pada realita kekinian, kita akan sejenak berada di persimpangan. Kita dituntut untuk kembali merefleksikan kedirian kita yang sekarang dan memori bawah sadar yang lampau.

Mungkin kita akan bersenang-senang ataupun menangis karena kita akan menghidupkan kembali mitos-mitos yang pernah kita bangun, namun kita juga diajak untuk meruntuhkan kembali mitos –mitos ini. Tapi ajakan pameran ini cukup sederhana, nikmati [enjoy=superego-slavoj zizek] dan rayakan superego kita untuk sejenak. Esok kita akan kembali di mana mitos itu telah runtuh oleh hingar bingarnya peradaban.

Memory, All alone in the moonlight
I can smile at the old days
I remember
The time I knew what happiness was
Let the memory live again

In our heads we all have gray brain cell that store our recorded memories. These memories make part of our memoirs. Reviving of the recorded footage, whether based on actual events or imagination, is a stimulant for the soul.

Freud said that all memories enter our subconsciousness and shape our personalities. While shaping our personalities, these memories also take turn forming our perceptions about our environment.

In this exhibition, SEW&SHARE will bring us to a memoir. Childish symbols are expressed through naive shapes and dolls that form concrete messages. We will be guided to remember a past when we were young. This will bring us to a cross road where we reflect on who we are now and the subconscious memories of the past.

The process may make us either happy or sad because we will bring back and break down the myths that we once constructed. All this said, the point of the exhibition is simple: Enjoy [Enjoy = superego - slavoj zizek] and take a moment to celebrate the our superego. Tomorrow the myths collaps anyway by the frenetic civilization you live in.

Ratna Djuwita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar