Selasa, 17 Januari 2012

= Pustaka Bentara MASYARAKAT MULTIKULTURAL BALI

Public Event · By Bentarabudaya Bali

Today
Time6:00pm until 9:00pm
Pustaka Bentara kali ini akan memperbincangkan buku bertajuk Masyarakat Multikultural Bali: Tinjauan Sejarah, Migrasi, dan Integrasi, yang coba meneropong kehidupan multibudaya masyarakat Bali yang terbentuk melalui proses misgrasi kelompok-kelompok etnis ke berbagai wilayah di Bali. Buku yang ditulis oleh I Ketut Ardhana, Sulandjari, I Putu Gde Siuwitha, FX Sunaryo dan Ida Bagus Putra ini membahas mengenai proses terbentuknya masyarakat multikultural di Bali dan nilai-nilai budaya dalam kaitan dengan ikatan kekerabatan kelompok-kelompok etnis yang ada. Dengan demikian, diharapkan ada pemahaman yang lebih baik, tentang berbagai isu seperti kecemburuan sosial ekonomi dalam masyarakat multikultural maupun dapat mencarikan pemecahan terhadap terjadinya persaingan yang membawa unsur-unsur primondial.



Tinjauan buku ini akan menghadirkan para penulisnya yang masing-masing adalah dosen Fakultas Sastra Universitas Udayana bersama Slamat Trisila dari penerbit Pustaka Lasaran. Buku ini secara lebih jauh mengetengahkan perihal diaspora dan berbagai kelompok etnik di Bali yang kini memiliki berbagai peranan penting dalam aspek politik, ekonomi, dan budaya, namun tetap memiliki ikatan budaya yang kuat dengan daerah-daerah asalnya, seperti Jawa, Lombok, Sulawesi Selatan, Timor, dan Flores. Di samping itu mereka juga memiliki ikatan sosial dan kekerabatan di antara mereka yang dapat menjadi benteng pertahanan sekaligus membuat rasa ke-Indonesia-an mereka sangat tinggi.

Sebagai kelompok diaspora, mereka juga berupaya untuk membentuk dan memperkuat identitasnya karena interaksi dengan kelompok lain, seperti penduduk asli dan pendatang lainnya dalam konteks persaingan politik dan ekonomi. Studi tentang terjadinya masyarakat multikultural ini penting dilakukan, baik dalam konteks persaingan ekonomi, politik, maupun dalam proses penggalian nilai-nilai budaya untuk pembentukan identitasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar