Senin, 13 Juni 2011

= DIPERKOSA KOTA

Time
Friday, June 10 at 7:00pm - June 18 at 9:00pm

Location
RURU Gallery, ruangrupa
Tebet Timur Dalam Raya No.6
Jakarta, Indonesia

Created By
Forruangrupa
More Info

ruangrupa mempersembahkan


Pameran Seni Rupa
...
DIPERKOSA KOTA

interactive, photography, installation, object, mixed media


Angga Cipta – Dhemas Reviyanto – Ficky Fahreza – Komunitas Pecinta Kertas – Syaiful Ardianto

Kurator: Indra Ameng


Pembukaan : Jum’at, 10 Juni 2011 / 19.00 – selesai
Terbuka untuk umum
Dimeriahkan oleh : Sulap Urban oleh Kiswinar

Pameran : 10 - 18 Juni 2011 (buka Senin - Sabtu pukul 11.00 – 21.00)


RURU Gallery
ruangrupa
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6, Jakarta Selatan 12820
t/f: +62 21 8304220
e-mail: info@ruangrupa.org
www.ruangrupa.org

Ke 4 seniman dan 1 kelompok seniman yang berpartisipasi dalam pameran ini, adalah para mahasiswa yang karyanya mendapat penghargaan sebagai 5 karya terbaik pada kegiatan pameran JAKARTA 32°C *, 2010. Sebagai kelanjutan dari proyek seni rupa JAKARTA 32°C, ruangrupa mengundang seniman-seniman muda ini untuk berpameran dengan membuat karya-karya baru yang mengangkat masalah-masalah keseharian masyarakat urban yang inspirasinya diambil dari fenomena terkini kota Jakarta.

Dalam mempersiapkan pameran ini, ruangrupa mengadakan 6 kali pertemuan bersama seniman - seniman muda ini dalam mengembangkan ide karya dari nol dan bagaimana mempresentasikannya menjadi sebuah pameran bersama. Judul pameran DIPERKOSA KOTA – didapatkan dari hasil pertukaran ide antar seniman dan menjadi “perasaan” juga “perspektif” bersama dalam melihat kehidupan kota Jakarta masa kini yang semakin semrawut, brutal nan tidak manusiawi bagi warganya.

Setiap seniman dalam pameran ini memiliki strategi visual dan kecenderungan penggunaan medium yang spesifik dalam karyanya. Angga Cipta, akan membuat sebuah karya interaktif untuk mengajak penonton membuat peta kemacetan kota Jakarta. Dhemas Reviyanto, lewat karya fotografinya akan memperlihatkan bagaimana motor yang disebutnya sebagai “kuda besi” dimodifikasi dan “diperah” sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan konsumtif warga kota, Ficky Fahrezi, mencoba merekam percakapan remeh-temeh sehari-hari warga kota dan menampilkannya secara humoris dalam karya mix media. Komunitas Pecinta Kertas, membuat maket kota dari bahan kardus bekas yang bersifat interaktif untuk mengajak penonton bermain-main menata ulang kota. Syaiful Ardianto, sebagai mahasiswa grafis murni akan membuat kampanye satir lewat medium seni cetak tentang anjuran untuk terus lanjutkan mendukung dan membiarkan kehancuran kota Jakarta.


* JAKARTA 32°C adalah pameran dua tahunan karya visual mahasiswa Jakarta yang diadakan oleh ruangrupa dan komplotan Jakarta 32°C.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar