Sabtu, 24 Juli 2010

= DISKUSI BULANAN BERSAMA SABRANG MDP


DISKUSI BULANAN BERSAMA SABRANG MDP
Tema “Pertanyaan Dalam Bertanya”

Untuk menjaga dan menghidupkan tradisi berpikir kritis di kalangan generasi muda, Cendekiawan Muda Yogyakarta Sabrang Mowo Damar Panuluh bekerja sama dengan Progress dan Merchandise United menggelar forum diskusi rutin bulanan bertajuk Forum Diskusi Martabat. Untuk bulan Juli ini, yakni edisi ketujuh, Forum Diskusi Martabat akan digelar pada Rabu 28 Juli 2010 pukul 19.00 WIB bertempat di Jalan Barokah 287 Kadipiro Yogyakarta dengan tema “Pertanyaan Dalam Bertanya”. Diskusi ini terbuka untuk siapa saja kawula muda di seputaran Yogyakarta maupun dari daerah-daerah lain.
Melalui diskusi-diskusi ini, diharapkan generasi muda memiliki ketajaman dalam menganalisis pelbagai hal. Upaya yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut adalah senantiasa melihat kembali atau meneliti cara berpikir dan cara melihat kita atas pelbagai fenomena dan kenyataan di sekitar. Karenanya, sampai enam edisi sejauh ini, Narasumber Sabrang MDP yang pernah mengenyam pendidikan pada Jurusan Physics and Mathematic Edmonton University Canada ini menawarkan kepada para peserta topik-topik unik seperti sudut pandang, cara pandang, jarak pandang, reinterpretasi peradaban, objektivitas, logika, dan tema-tema lain.

Rangkaian diskusi Forum Diskusi Martabat ini pun dilangsungkan dengan terus-menerus mencari metode dan formula yang dinamis, mengedepankan dialog interaktif, serta sebisa mungkin menggunakan contoh, ilustrasi, atau simulasi yang memudahkan pemahaman sekaligus tentunya membuat suasana diskusi jadi lebih hidup dan segar.
Sementara itu topik “Pertanyaan Dalam Bertanya” yang akan dibahas pada edisi bulan ini berangkat pengamatan sederhana bahwa kerapkali membuat pertanyaan pun bukan hal mudah. Padahal pertanyaan adalah salah satu kunci untuk mendapatkan pengetahuan, informasi, dan jalan menuju pemahaman yang lebih lengkap mengenai suatu hal atau objek. Apalagi bila disadari bahwa proses belajar-mengajar atau pendidikan pun tak lepas dari aktivitas bertanya ini. Khususnya bagi mereka yang concern pada dunia pendidikan tentu topik ini sangat menarik.[]

Progress-MU
Herry Wibowo
081327554948

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar