Selasa, 28 September 2010

= Pementasan Monolog Eksperimentalistik "Perburuan"

Pementasan Monolog Eksperimentalistik "Perburuan"


Time
Wednesday, September 29 · 7:30pm - 11:00pm

LocationPendopo PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) FBS UNY Kuningan,CC, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Created By

More Info
GRATIS!

Pementasan karya seni selalu mengalami perubahan dan perkembangan yang begitu menarik. Bentuk ekpresi pun tidak selalu terbatas pada pola konvensional atau baku. Persoalan dan pola pemikiran baru menghendaki bentuk seni atau cara pengutaraan yang baru pula. Sesuatu hal yang baru muncul dengan pergeseran nilai-nilai kehidupan. Pondok Seni Peran Yogyakarta salah satu ruang untuk mengekspresikan diri melalui seni pemeranan baik teater maupun film, dengan tujuan mengembangkan potensi diri melalui seni peran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan menjadi lebih baik.

Setelah mementaskan teater berjudul ”Sepatu Tua” di Sargen pada bulan Februari 2010, dimana dalam lakon tersebut para pemain menciptakan tokoh karakter masing-masing untuk diperankannya, kemudian konflik dirajut sesuai alur dramatiknya, dengan seting yang ditentukan di sebuah Panti Jompo. Kini Pondok Seni Peran Yogyakarta hendak menggelar pementasan monolog eksperimentalistik berjudul ”Perburuan” yang merupakan aplikasi dari hasil penggalian ide dan gagasan ketika peristiwa aksi terorisme di Indonesia meletus. Banyak korban, dan menyisakan trauma yng mendalam bagi para korban selamat, tidak hanya korban target melainkan keluarga dari pihak yang diduga sebagai pelaku.

Pementasan monolog ini akan mengisahkan seorang Firman yang mengalami depresi berat saat keluarganya tewas dalam penyergapan, karena rumahnya diduga sebagai sarang teroris. Ketika itu Firman berusia 13 tahun, dan Ayah, Ibu, Adiknya meninggal dalam penggrebekan tersebut. Setelah ia selamat dari kejadian naas itu, Firman tumbuh dengan mentalitas yang mudah goyah, tekanan yang dirasakannya begitu hebat.Lalu bagaimana ia harus menjalani sisa hidupnya dengan traumatis akan kejadian yang menggemparkan dikampungnya.

Pementasan monolog ini melibatkan Naratungga Indit Prahasita sebagai pimpinan produksi), Eko Bowo Saputro (Aktor), Burhan Fanani (Penulis), Bayu Dwi Nugroho (Sutradara), Kadek Dwi Kusumatirta dan Yoga Fibri (Illustrasi Musik), Hanif Arifin (Penata Rupa/Seting), Wahyu P (Dokumentasi). Setelah pementasan berlangsung akan diadakan Ngobrol Bareng Bab seni Peran dengan Moortri Purnomo BK (Aktor/Mantan anggota Bengkel Teater), Burhan Fanani, Bayu Dwi Nugroho, dengan moderator Erang Risanto.

Acara ini didukung BEM FBS UNY, Pemprov DIY, Kedaulatan Rakyat, Bernas Jogja, Harian Jogja, Ekspresi, UNISI FM, Vedac FM, ASKOBI (Asosiasi Korban Terorisme di Indonesia).


CP: Naratungga (085878295335)


Susunan Acara
Direncanakan terselenggara pada:
Hari/tanggal : Rabu, 29 September 2010
Tempat : Pendopo Pusat Kegiatan Mahasiswa
Kompleks Fakultas Bahasa dan Seni UNY
Kuningan Caturtunggal, Depok, Sleman,
Yogyakarta
Pukul : 19.30-23.00 WIB
Susanan Acara :
1. Pertunjukan Musik Puisi Lakukita
2. Pementasan Monolog “Perburuan” karya Burhan Fanani
3. Ngobrol Bareng Bab Seni Peran
Bersama:
a. Moortri Poernomo BK (Aktor dan Teaterawan)
b. Burhan Fanani (Penulis Naskah)
c. Bayu D. Nugroho (Sutradara)
Moderator :
Erang Risanto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar