Selasa, 23 November 2010

=Bentara Putar Film ROMAN POLANSKI

Time
Friday at 4:00pm - November 27 at 9:00pm

LocationBentara Budaya Bali
Jl. Prof. IB. Mantra No. 88 A (byPass) Ketewel, Gianyar, Bali
Denpasar, Indonesia

Created By

More Info
Jadwal Pemutaran Film :

Jumat, 26 November 2010
1. 16.00wita -- Knife in the Water
2. 18.00wita -- The Tenant

Sabtu, 27 November 2010
1. 16.00wita -- Death and the Maiden
2. 18.00wita -- The Pianist

--G R A T I S--

Jika sampai Roman Polanski ikut terbunuh di ghetto atau kamp konsentrasi Nazi, seperti halnya ibunya yang tewas di Auschwitz, dunia perfilman internasional akan kehilangan salah satu sutradara terbaik yang pernah ada di dunia. Dengan pendekatannya yang kelam dan muram, bahkan nihilistic dalam bertutur, Roman Polanski telah menorah tanda yang tak terhapuskan dalam perfilman dunia. Film-filmnya memang sempat dibandingkan dengan film-film thriller Alfred Hitchcock, namun Polanski justru lebih kayak arena Ia bereksperimen dengan aneka genre film. Tak berlebihan jika Polanski memandnga dirinya sendiri sebagai “playboy sinema”. Dalam kehidupan nyata, Ia kebetulan juga dikenal sebagai pria yang amat menggemari kecantikan perempuan.
Roman Polanski, lahir di Paris pada 18 Agustus 1933 dari pasangan Yahudi Polandia dan imigran Rusia. Ketika Ia berusia 3 tahun, keluarganya pindah ke kota Krakow, Polandia. Celakanya, Jerman menginvasi kota itu pada tahun 1940. Setelah dikurung dalam ghetto, keluarganya pun kemudian dideportasi ke kamp konsentrasi. Untunlah, bocah Polanski berhasil dibantu ayahnya melarikan diri, diselamatkan oleh keluarga-keluarga Katolik. Pada periode inilah Polanski mulai tergila-gila pada film. Ia sering mencari perlindungan di gedung-gedung bioskkop, yang seolah merupakan tempatnya berlindung dari kekejian dunia luar.
Polanski sempat dibawa pulang ke Krakow oleh ayahnya yang menikah lagi, sepeninggal ibunya yang tebunuh di kamp konsentrasi Auschwitz yang terkenal paling banyak memusnahkan warga Yahudi. Polanski remaja kemudian meninggalkan rumah, namun kendati Ia masih harus mengatasi kecamuk kepribadian, Ia tetap memupuk kecintaannya pada film. Cuma sempat stahun masuk di sekolah teknik, tahun 1950 Polanski masuk ke sekolah film. Tahun 1954 Ia untuk pertama kali bermain di film arahan Andrzej Wajda. Tahun itu Ia juga terpilih masuk mengikuti pendidikan sutradara di Sekolah Film Nasional di Lodz yang amat bergengsi. Setelah lulus tahun 1961, tahun berikutnya Polanski membuat film cerita pertamanya., Knife in the Water (94 menit), sebuah drama psikologis dan satu-satunya film panjang yang dibuatnya di Polandia. Film ini akan diputar di Bentara Budaya Bali (BBB) pada 26-27 November 2010 bersama 3 film Polanski lainnya yaitu The Tenant, Death and the Maiden dan The Pianist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar