Minggu, 21 November 2010

=Seberapa Indonesia-kah Anda? (Sekar's Scene)


Time
Saturday, November 20 at 10:00am - December 18 at 2:00pm

LocationKelas Kafe FiXiMix
Jakarta, Indonesia

Created By

More Info
Seberapa Indonesia-kah Anda?
Cari tahu lewat membuat skenario film layar lebar bernyawa Indonesia!

Ayo, belajar dari awal, mulai soal film secara keseluruhan, ide cerita, hingga teknis rinci penulisan skenario film layar lebar berkonten lokal & berstandar internasional.

Hanya di Sekar’s Scene, satu-satunya pelatihan skenario yang mengajarkan bagaimana mengangkat LOKALITAS Indonesia yang luar biasa kaya ini ke dalam film layar lebar.

Contoh film-film cerita dunia yang sukses mengangkat lokalitas:
- 3 Idiots (India, 2009, box office di Amerika dan Inggris)
- My Name is Khan (India, 2009, box office di Amerika dan Inggris)
- In the Name of God (Pakistan, 2007, meraih penghargaan dari Cairo International Film Festival, dan sekarang sedang diputar di bioskop-bioskop di Indonesia)
- Biola Tak Berdawai (Indonesia, 2001, meraih banyak penghargaan di Asia Pacific Film Festival dan Bali International Film Festival. Sutradara, Produser, Penulis Skenario: Sekar Ayu Asmara)
- dan lainnya.

Fasilitas & Keuntungan Sekar’s Scene:
1. Mengalami sendiri konsep kelas kafe yang non-conventional: santai tapi serius, lebih inspiring dan merangsang ide-ide kreatif, juga membiasakan diri berada di tengah-tengah lingkungan/realistis sehingga cerita filmnya dekat dengan keseharian masyarakat penonton film.
2. 5 (lima) X pertemuan @ 4 jam
3. Makan siang
4. Materi Lengkap: Modul, Menonton, Pembahasan & Diskusi, Sharing, Latihan & Tugas.
5. Memiliki kemampuan menggali, mengangkat, dan meracik lokalitas ke dalam cerita film yang kuat berkarakter Indonesia.
6. Peserta dibimbing menghasilkan 1 karya skenario film layar lebar utuh.
7. Info Networking
8. BONUS: Melihat Peta Pasar Film oleh Yan Widjaya (lihat ttg. Yan Widjaya di bawah)
9. Ruang yang Nyaman
10. Kesempatan mendapatkan Undangan Premiere atau Preview Film Indonesia.
11. Otomatis masuk tim follow-up Sekar’s Scene FiXiMix (baik alumni maupun masih menjadi peserta) yang bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai kesempatan bagus di dunia film, khususnya skenario, termasuk kesempatan terlibat dalam produksi, juga diundang dan diberi keleluasaan terlibat penyelenggaraan program-program follow-up FiXiMix.
12. Sertifikat
13. BIAYA MASIH SAMA dengan periode yang lalu. Tetap 1,5 (satu setengah) juta rupiah (relatif lebih terjangkau daripada kelas-kelas skenario di tempat lain, meski kualitas kami kedepankan).


Materi:
Pengantar Dasar:
Definisi Skenario, Mencari Ide Dasar, Konsep Pembabakan secara Visual, Konflik, Awal & Akhir, Karakter, Adegan, Dialog, Format Skenario
Pendalaman:
Konflik, Rangka Skenario, Dinamika Cerita, Karakter, Penulisan Adegan, Penulisan Dialog
Plus:
Menonton Cuplikan Film sebagai Contoh Kasus

Waktu:
Tiap Sabtu, mulai 20 November – 18 Desember 2010
Pk. 10.00 – 14.00


Lokasi:
Kelas Kafe FiXiMix


Daftar sekarang, belajar mulai 20 November.
Ketik: SS, Nama, Alamat E-mail. Kirim ke 021 930 978 69

Dan membayar biaya belajar secara tunai atau transfer ke:
1. BNI cab. Dutamas Fatmawati, Jakarta . No. Rek. 0128028320 atau
2. Mandiri, cab. Bendungan Hilir, Jakarta. No. Rek. 1220002082793 atas nama Henny Purnama Sari
3. BCA dengan No. Rek. 8800389187 atas nama Djahari

Yuk, daftar sekarang! Hubungi Sekretariat FiXiMix, 021 930 978 69 untuk keterangan lebih lanjut.

Bagi Peminat di Daerah Luar Jakarta:
Untuk mengangkat LOKALITAS daerah masing-masing, bagi peminat yang berada di luar Jakarta dan telah membentuk kelompok sebanyak minimal 10 orang, silakan mengontak kami melalui telepon 021 930 978 69 atau 0815 956 2258, atau e-mail: fiximix@gmail.com. Kami akan penuhi kebutuhan Anda akan kelas pelatihan ini. Terima kasih.


--------------------------
Tentang Sekar Ayu Asmara:
1. Ca-Bau-Kan (diperankan Lola Amaria, dll.)
2. Biola Tak Berdawai (diperankan Nicholas Saputra dan Ria Irawan)
3. Belahan Jiwa (diperankan Dian Sastro, Rachel Maryam, Nirina, dll.).
4. Pesan dari Surga (diperankan Shareefa Danish, Lukman Sardi, Ramon Y. Tungka, Ario Bayu, dan Rianti Cartwright)
5. Selamanya (diperankan Jullie Estele, dll.)
6. Pintu Terlarang (diperankan Marsha Timothy, Fachrie Albar, Ario Bayu, Verdi Solaiman)
7. dll.

Semua itu adalah daftar filmografi Sekar Ayu Asmara untuk jenis layar lebar. Pada film pertama Sekar bertindak sebagai Produser Film sekaligus khusus Produser Musik, yang kedua sebagai Penulis Skenario, Sutradara, dan Produser, yang ketiga sebagai Penulis Skenario dan Sutradara, film keempat juga sebagai Penulis Skenario dan Sutradara, kelima sebagai Penulis Skenario, dan keenam sebagai penulis novelnya sebelum diserahkan kepada Joko Anwar untuk difilmkan.

Beberapa filmnya meraih penghargaan internasional, di antaranya Best Actress (Ria Irawan), Asia Pacific Film Festival, Shiraz, Iran 2003, Best Actor (Nicholas Saputra), Bali International Film Festival, Indonesia 2003, Best Picture, Bali International Film Festival, Indonesia 2003, Best Music (Addie MS), Bali International Film Festival, Indonesia 2003 untuk film Biola Tak Berdawai, dan Pemenang Best International Feature Film, New York International Independent Video & Film Festival 2007 untuk film Belahan Jiwa. Ada pula penghargaan dari BNN untuk film Pesan dari Surga sebagai film yang mengandung penyuluhan anti narkoba.

Sekar juga membuat film dokumenter berjudul Telanjang? untuk menentang disyahkannya Undang-undang Anti Pornografi dan juga serial televisi Pak De dengan bintang-bintang seperti Alex Komang, Dewi Irawan, Tutie Kirana, Verdi Solaiman, dan bintang-bintang muda pendatang baru di film televisi.

Selain menulis skenario dan membuat film, ia juga menulis novel. Pintu Terlarang, Kembar Keempat, dan Doa Ibu adalah novel-novelnya yang telah diterbitkan.

Karya-karya Sekar dikenali sebagai karya yang kaya tema, imajinatif, berani, dan out of the box.

Tentang Yan Widjaya:
- Publisis laku untuk Film-film Laku (komersil) hingga saat ini. Hampir setiap hari Yan Widjaya dan Tim mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan premiere atau preview film, baik film Indonesia maupun asing.
- Wartawan senior dari majalah film terkemuka saat ini
- Pengamat film
- Pembuat komik dan novel, khususnya cerita silat. Kurang lebih 100 buku sudah dibuatnya.
- Mendapatkan peran dalam beberapa film: Cinta Setaman, Calo Presiden, Skandal Cinta Babi Ngepet, Dikejar Setan, Melody, dll.
- Menulis skenario film Mau Dong Ah (dibintangi Happy Salma, Komeng, Jojon, Andi Soraya, JuPe), menulis skenario sinetron Janji Hati (Sutradara Nayato Fionuala, dibintangi Ari Wibowo, Dian Nitami, Adji Massaid), menulis FTV Amnesia, dan Teratai dalam Lumpur, menulis film anak: Esok Lebih Baik (on progress)
- Produser program TV: Sinema-sinema (RCTI) sekitar 500 eps. (1990 – 2005), Apa dan Siapa (RCTI) 24 eps., Playlist (SCTV) 24 eps., dan beberapa Program di TV7.
- Saat ini sedang menyelesaikan buku berjudul Ikhtisar 15 Karya Asli CHIN YUNG. Salah satu karya Chin Yung yang divisualisasikan dan terkenal di Indonesia adalah Serial Return of the Condor Heroes, yang diperankan Andy Lau.
- Selain itu semua, Pak Yan adalah Alumni Sekar’s Scene FiXiMix angkatan 3, Feb – Maret 2010.

Alangkah beruntungnya kalau bisa dibagi ilmu, pengalaman, dan BOCORAN TIPS RAHASIA sukses di dunia penulisan skenario dan film secara keseluruhan oleh SEKAR AYU ASMARA & YAN WIDJAYA.
Buruan daftar!

===
S: KSI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar