Senin, 01 November 2010

= Wisata Sejarah Jejak Langkah Raden Saleh

Waktu
31 Oktober · 8:00 - 17:00

TempatJakarta
Dibuat oleh:
Info Selengkapnya
Wisata Sejarah Kobam
“Jejak Langkah Raden Saleh”

“Kenali Sejarahmu Melalui Buku”
Raden Saleh; Anak Belanda, Mooi Indie & Nasionalisme
...Karya Harsja W. Bactiar, Peter B.R. Carey & Onghokham
Narasumber: Rahmat Ruhiyat & JJ Rizal

Wisata Sejarah Komunitas Bambu adalah kegiatan wisata mengunjungi situs sejarah yang bertitik tolak dari buku sejarah, novel sejarah, otobiografi atau bahan tertulis lainnya yang mengandung informasi sejarah terkait. Sebab itu motto dari kegiatan ini adalah “Kenali Sejarahmu Melalui Buku”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Komunitas Bambu, penerbit yang khusus menerbitkan buku-buku bertema sejarah-budaya Indonesia sejak tahun 1998.

Raden Saleh dikenal sebagai maestro seni lukis di Indonesia dengan karya yang memukau dan luar biasa bernilai. Selain sebagai tokoh jenius pelopor seni lukis ternyata Raden Saleh memiliki kontribusi besar dalam bidang zoology, arkeologi, sejarah juga antropologi budaya masyarakat. Sebagai tokoh besar, kehidupan Raden Saleh tidak lantas berjalan tentram dan tanpa masalah. Ia dipandang sinis dan dikecam karena ketika sanak keluarganya memerangi Belanda dalam Perang Jawa, Raden Saleh malah pergi ke Belanda dan mengabdi sebagai “anak” Raja Belanda Willem III. Namun, pendapat itu banyak ditentang karena lewat lukisannya Raden Saleh bersuara tentang simpatinya pada perjuangan Pangeran Dipanagara.

Wisata Sejarah Kobam “Jejak Langkah Raden Saleh” akan mengajak Anda mencari tahu dan melihat gambaran kompleks dari sosok seorang maestro pertama seni lukis dan tokoh scientist Indonesia. Langsung dari villa megah Raden Saleh, hasil-hasil temuan arkeologis, sejarah, zoology dan lukisan karya Raden Saleh hingga tempat Raden Saleh dikebumikan. Dengan berpegang pada sumber tulisan yang kaya akan data sejarah dan narasumber yang kompeten.

Napak jejak sejarah Raden saleh dimulai dari landhuizen alias villa mewah Raden Saleh yang sekarang menjadi RS Cikini. Bangunan tersebut dibuat Raden Saleh dengan meniru Istana Callenburg di Jerman yang sering dikunjunginya. Dari sana lantas disambung ke Istana Negara Jakarta untuk melihat salahsatu lukisan fenomenal Raden Saleh tentang Penangkapan Dipenogoro yang diberi judul: Historisches Tableau, die Gefangennahmen des Javanischen Hauptling Diepo Negoro. Selanjutnya perjalanan akan ditujukan untuk mengenal sosok Raden Saleh sebagai seorang scientist. Perjalanan pun diarahkan ke Museum Nasional alias Gedung Gajah untuk menyaksikan bukti-bukti kontribusi Raden Saleh pada bidang arkeologis, sejarah dan sastera. Siang perjalanan dilanjutkan ke Bogor untuk menziarahi tempat Raden Saleh dan mendiang isterinya R.A. Danurejo dimakamkan. Titik akhir perjalanan adalah Istana Bogor, disana pengelana sejarah Kobam akan menikmati sore sambil memandangi dua lukisan Raden Saleh, "perkelahian Singa dan banteng" dan "Singa Minum" serta sedikit kongkow-kongkow bersama narasumber.

Waktu dan Tempat Kegiatan
Hari/Tgl : Minggu, 31 Oktober 2010
Waktu : 08.00 – 15.00 WIB
Tempat Berkumpul : landhuizen Raden Saleh / RS. Cikini
Lokasi Akhir : Istana Bogor
Pendaftaran : 24 September – 22 Oktober 2010
Biaya : Reguler Rp. 205.000
: Anggota Pembaca Rp. 184.500
: Khusus (+Kaos) Rp. 255.000


Rute Wisata Sejarah Kobam “Jejak Langkah Raden Saleh” landhuizen Raden Saleh / RS. Cikini – Istana Negara Jakarta – Museum Nasional/Gedung Gajah – Makam Raden Saleh – Istana Bogor.

Fasilitas Peserta
1. pemandu dan tukang cerita
2. buku Raden Saleh; Anak Belanda, Mooi Indie & Nasionalisme karya Harsja W. Bactiar, Peter B.R. Carey & Onghokham seharga Rp. 50.000
3. bus AC
4. roti Tan Ek Tjoan.
5. makan siang
6. air mineral
7. handout
8. id card
9. pin
10. stiker
Pendaftaran SMS ke Sdri. Tina: 081385430505 untuk mendapatkan nomor urut pendaftaran, kemudian transfer ke rekening di atas.

Format SMS Pendaftaran Nama Lengkap / Jenis Kelamin / HP / Email / Total peserta yang akan ikut/Status Pembayaran. Kemudian akan di reply dengan no. urut pendaftaran Anda. Contoh Pendaftaran: Martina Safitry / P / 081385430505 / martinasafitry@gmail.com / Mahasiswa S1 / 3 orang /Reguler.

Pembayaran Transfer ke BCA Wisma Asia no.rek. 084 006 1175 atas nama Rizal.
Misal, no urut yang diperoleh Zulidyana adalah 01, 02 dan 03 (untuk 3 orang), maka Martina harus transfer sejumlah Rp 615.003. Angka 03 adalah nomor urut pendaftaran dari peserta paling akhir yang dibawanya. Setelah transfer harap konfirmasi via SMS ke nomor di atas.

Catatan Pendaftaran & Pembayaran paling lambat / DITUTUP hari Jumat, 22 Oktober 2010, 17.00. WIB. Setelah transfer harap fax bukti transfer ke 021-77206987 atau diemail ke komunitasbambupemasaran@yahoo.com.

Apabila peserta kurang dari 30 orang maka acara akan dibatalkan dan uang peserta akan dikembalikan utuh.


Informasi Umum
Komunitas Bambu
Jl. Pala No. 4B
Beji Timur, Depok.
021-772 06 987
CP: Tina 0813 8543 0505


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar