Selasa, 15 November 2011

= The Mataram

The Mataram.
Indahnya falsafah hidup yang terlahir dari para sesepuh pemangku Mataram.

Laku.
Konsep-konsep yang indah yang terlahir itu tidak lahir dari orang-orang yang malas berjalann, tetapi tercetus dari insan-insan indah yang mau melakukan laku dan berani keras kepada diri sendiri.

Pertanyaan,
Jika ada dua orang yang berbicara tentang berenang, yang satu hanya membaca tentang teori berenang, sedangkan yang lain berani melakukan laku berenang, siapakah yang betul-betul faham tetang berenang tersebut ?

Banyak falsafah yang telah lahir dari para putera-putera terbaik Mataram, mereka telah melakukan laku yang begitu berat sehingga mereka dengan indahnya dapat mencetuskan nilai-nilai kehidupan yang berdasarkan cipta, karsa dan rasa menggetarkan sanubari umat manusia.

Sang Mangkubumi telah melahirkan falsafah yang indah "Hamemayu Hayuning Bawana", turut mempercantik indahnya Dunia dan turut serta melestarikan bumi.
Suatu falsafah hidup yang mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik kepada sesama manusia, kepada sesama makhluk hidup serta berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jika dikau bicara tentang salah satu falsafah hidup para pemangku adat tersebut, seyogyanya dikau sudi kiranya untuk menengok laku yang telah dikau tempuh, ketika dikau berbicara soal kebaikan maka berarti dikau sudah sudi selalu memberikan nasi dan pertolongan kepada orang lain, tidak hanya bicara soal kebaikan dimulut saja.

Salam
MAMA.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar