Sabtu, 12 Juni 2010

= AGENDA TLATAH BOCAH IV

AGENDA TLATAH BOCAH IV
TUTUR TINULAR “Tuturing Ati Tinular Ing Pakarti”
Merapi, 12 Juni – 11 Juli 2010
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =


MERTI JIWO – MERAPI ( Sabtu, 12 Juni 2010)

Merupakan laku spiritual "bersih diri" sebagai wujud syukur berbentuk olah jiwa dalam gerak dan bunyi atas berkah budaya yang semakin menjiwai roh komunitas seni lereng Merapi. Dilaksanakan di Watu Semar, sebuah situs di Merapi pada ketinggian 1826m diatas permukaan laut.

MERTI DUSUN – GOWOK POS (Senin, 14 – Rabu, 16 Juni 2010)

Merupakan awal lahirnya TLATAH BOCAH pada tahun 2007. Bertempat di Dusun Gowok Pos dimana merupakan ritus tahunan di dusun yang bersangkutan untuk kesejahteraan warga. Agenda berupa bersih kubur, potong korban, kirim sesaji, kenduri, dan wayang kulit.

WORKSHOP SABLON – MERAPI (Kamis, 17 – Kamis, 24 Juni 2010)

Kegiatan pengkayaan ketrampilan untuk penggiat komunitas di lereng Merapi. Kegiatan berlangsung di 8 (delapan) dusun dalam jejaring Tlatah Bocah.

WORKSHOP DONGENG – PATOSAN (Jumat, 25 Juni – Jumat, 2 Juli 2010)

Difasilitasi oleh pakar-pakar dongeng mengajak peserta perwakilan komunitas untuk menjadi ujung tombak dalam menggali permasalahan dan isu di sekitar yang direpresentasikan dalam bentuk kesenian.

SRAWUNG GUNUNG – SUMBER & TUTUP NGISOR (Jumat, 25 Juni – Minggu, 4 Juli 2010)

Sebuah kegiatan bersama anak-anak Dusun Sumber dengan tamu anak-anak dari berbagai daerah untuk belajar bersama tentang kearifan. Peserta yang sudah mendaftar terdiri dari komunitas seni Padang Pariaman (Sumatra Barat). Anak-anak dari berbagai daerah lain dapat pula mengikuti acara ini dengan tinggal di desa selama beberapa hari untuk berlatih mandiri.

PEMUTARAN FILM – SUMBER (Sabtu, 26 Juni – Sabtu, 3 Juli 2010)

Sarana pembelajaran masyarakat dengan mengetengahkan film-film yang mengandung unsur pendidikan untuk anak.

SEPAKBOLA JARAN KEPANG – SUMBER (Sabtu, 26 Juni – Minggu, 4 Juli 2010)

Sepakbola di sini tidak ditujukan untuk mencari menang kalah diantara pesertanya, namun digunakan sebagai sarana keakraban baik untuk pemain maupun penontonnya. Tim peserta terdiri dari 16 dusun menggunakan kuda lumping dan rias wajah kesenian. Proporsi pemain antara anak laki-laki dan perempuan seimbang.

PASARAKYAT – SUMBER (Senin, 28 Juni – Minggu, 4 Juli 2010)

Sebagai media mengenalkan dan membangkitkan produk khas dusun dan komunitas.

SARASEHAN – SUMBER (Sabtu, 3 Juli 2010)

Ditujukan untuk berbagai pengetahuan dan pengalaman tentang pentingnya dongeng/cerita untuk pendidikan moral. Pembicara merupakan praktisi pendidikan dan juga penggiat komunitas seni.

FESTIVAL SENI TRADISI – SUMBER (Minggu, 4 Juli 2010)

Kampanye anak sebagai bagian dari pembangunan desa melalui pertunjukan seni tradisi dan instalasi. Diikuti oleh komunitas-komunitas anak dari 4 kabupaten, Magelang, Boyolali, Salatiga, dan Kulonprogo.

PRESENTASI EVALUASI – SUMBER (Minggu, 11 Juli 2010)

Presentasi atas penyelenggaraan hajat budaya Tlatah Bocah dengan mengundang berbagai pihak terlibat dalam serangkaian Tlatah Bocah serta diskusi Rencana Tindak Lanjut di masa mendatang.

= = = = = = = = = = = = = = =
tambahan:

Srawung Gunung dapat diikuti anak dari berbagai daerah lain dengan tinggal di desa Sumber selama beberapa hari berlatih mandiri dan kearifan.

Tlatah Bocah juga melakukan penggalangan dana melalui tandamata berupa kaos yang dapat dipesan ataupun di lokasi acara.


INFO:

Kontak:
Gunawan Julianto
(0857 – 4342 0558)

Twitter : @tlatahbocah
Facebook: Tlatah Bocah
Blog: www.TlatahBocah.org
Email : TlatahBocah@gmail.com






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar