Jumat, 18 Juni 2010

= Karya Pertunjukan Teater Garasi, Je.ja.l.an, berangkat tour ke Jepang.

Source : Eko Nuryono

Karya Pertunjukan Teater Garasi, Je.ja.l.an, berangkat tour ke Jepang.

di Spring Arts Festival Shizuoka 2010, 25 dan 27 Juni 2010
dan Atelier S-Space Osaka, 1 Juli 2010.


Hari Selasa, tanggal 22 Juni ini, 17 orang seniman tim kreatif Je.ja.l.an berangkat ke Jepang. Karya pertunjukan teater-tari produksi Teater Garasi tersebut akan dipentaskan di event internasional Spring Arts Festival Shizuoka 2010, yang diselenggarakan oleh Shizuoka Performing Art Centre (SPAC), pada tanggal 25 dan 27 Juni 2010. Pertunjukan selanjutnya akan digelar di kota Osaka, di sebuah ruang alternatif, Atelier S-Space in Osaka, pada tanggal 1 Juli 2010.

Pementasan di dua kota tersebut menandai keempat kalinya Teater Garasi mementaskan karya pertunjukannya di Jepang. Sebelumnya Teater Garasi telah mementaskan Repertoar Hujan (2005), Waktu Batu #3 (2006) dan Mnem[a]syne (2006), di Tokyo, Jepang. Kali ini Teater Garasi mengusung karya hasil kolaborasi direktur artistik Teater Garasi, Yudi Ahmad Tajudin, dengan perupa Mella Jaarsma, seniman tata cahaya Ignatius Sugiarto, pemusik Risky Summerbee & The Honeythief, dalang dan penari topeng Indramayu Wangi Indriya, di samping 7 orang aktor-aktris berpengalaman Teater Garasi.

Je.ja.l.an merupakan produksi Teater Garasi tahun 2008 yang telah dipertunjukkan, serta mendapatkan sambutan hangat, di Yogyakarta dan Jakarta. Karya teater-tari ini berbicara tentang kehidupan di jalan di kota-kota besar di Indonesia. Kehidupan yang penuh pertarungan dan tawar-menawar (yang terkadang keras) antara mereka yang memiliki perbedaan akses pada modal, juga antara mereka yang berada di depan dengan yang tertinggal di belakang laju Globalisasi. Kehidupan yang penuh pertarungan dan tawar menawar antara yang modern dan yang tradisional, yang kosmopolit dan yang kampungan, yang elite dan kebanyakan, yang berkuasa dan yang terpinggirkan.

Je.ja.l.an tidak berangkat dari sebuah teks atau naskah lakon melainkan disusun dari riset dan observasi para aktor atas kehidupan sehari-hari di jalan-jalan yang kemudian disusun menjadi sebuah pertunjukan dengan narasi yang berlapis-lapis, pergerakan yang simultan, adegan-adegan tumpah tindih dan saling tabrak, imaji-imaji yang terkadang ganjil dan komikal, yang mengekpresikan kompleksitas kehidupan di Indonesia hari ini.

Tour Je.ja.l.an ke Jepang terselenggara atas dukungan dan kerja sama dengan Shizuoka Performing Art Company (SPAC), Japan Association for Javanese Dance, Osaka Contemporary Performing Ars Association (NPO), dan Hivos. Juga atas sponsor dari Garuda Indonesia dan BNI 46.


Keterangan lebih lanjut hubungi:

Kusworo Bayu Aji (0818466189) dan Ratri Kartika Sari (08157969615)
Teater Garasi, Jl. Bugisan Selatan No 36 A Tegalkenongo Yogyakarta 55181
Telp/Fax: (0274) 415 844 Email: garasi@teatergarasi.org
www.teatergarasi.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar