Kamis, 17 Juni 2010

= Pameran Tunggal Fotografi "LEGONG LEGACY" I Ketut Widiatmika


Pameran Tunggal Fotografi "LEGONG LEGACY" I Ketut Widiatmika



Start Time:
Thursday, June 10, 2010 at 6:30pm
End Time:
Sunday, June 20, 2010 at 6:00pm
Location:
Bentara Budaya Bali
Street:
Jl. Prof. IB. Mantra No. 88 A Ketewel, Gianyar, Bali
City/Town:
Denpasar, Indonesia



I Ketut Widiatmika adalah salah satu dari sedikit fotografer senior yang terus bereksperimen. Pameran bertajuk Fotografi “Legong Legacy” I Ketut Widiatmika, ini menampilkan puluhan eksperimen Widiatmika terhadap penari legong. Legong sebagai salah satu produk budaya Bali, yang lahir dalam balutan mitos, di tangan Widiatmika hadir sebagai bahasa untuk mengekspresikan gagasan. Puluhan karya Widiatmika, menurut curator pameran Hardiman, tidak hadir sebagai efek representasional karena sejumlah tanda dalam karyanya tidak menjelaskan atau merefleksikan obyek dengan cara pencerminan secara langsung.
Karya Widiatmika membangun imajinasi, intuisi, kehendak, ilusi, pesan dan serupanya. Pendeknya, ada makna yang disusun oleh Widiatmika. Makna itu secara semiosis akan utuh kehadirannya manakala apresian ikut terlibat dalam upaya pemaknaanya. Penikmat atau penonton ini adalah penonton aktif yang ikut memberi makna pada karya fotografi. Jika kemudian hasil pembacaan mengandung “bias, ini adalah konsekuensi logis yang tak terhindar, harus diterima oleh siapapun. Bahkan keliaran “bias” ini adalah kekayaan pembaca itu sendiri.
Widiatmika menganut foto salon menggunakan bahasa estetik solon foto ini untuk menyampaikan pernyataaanya:m ada sejumlah gambaran tentang ekspresi, imajinasi, intusi, pemenuhan kehendak, kesenangan, dan ilusi yang direpresentasikan dalam keberaksaraan visual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar