Jumat, 29 Oktober 2010

= Festival TANAH ABANG 2010


Time
Tomorrow at 7:30am - Sunday at 3:00pm

LocationSepanjang Jalan Fachrudin (mulai dari depan Gedung Pusat Onderdil Pasar Tanah Abang hingga di depan Hotel Milenium), Jalan Jatibaru dan Jalan KH. Mas Mansyur – Tanah Abang, JAKARTA PUSAT
Created By
More Info
FESTIVAL TANAH ABANG 2010
30 & 31 Oktober 2010
Sepanjang Jalan Fachrudin (mulai Gedung Pusat Onderdil Pasar Tanah Abang hingga kedepan Hotel Milenium), Jalan Jatibaru dan Jalan KH. Mas Mansyur, Tanah Abang - JAKARTA PUSAT

LATAR BELAKANG
...
Selain telah dikenal luas secara nasional maupun dunia dan menjadi ciri khas sebagai pusat perdagangan tekstil terbesar se-Asia Tenggara, Tanah Abang adalah juga salah satu sentra kebudayaan betawi di tengah kota Jakarta, disamping memiliki banyak faktor pemikat lainnya bagi aktivitas perekonomian pusat kota.

Guna memaksimalkan sektor pariwisata Tanah Abang, Pemerintah Kota Administrasi JAKARTA PUSAT melalui Suku Dinas Pariwisata mengadakan acara budaya dan pariwisata tahunan bertajuk “Festival Tanah Abang 2010”. Sebuah event dengan konsep karnaval yang lebih memaksimalkan image Tanah Abang sebagai destinasi wisata belanja di Jakarta dan dikemas dengan berbagai hiburan menarik serta promosi yang tepat, kreatif dan inovatif.

Dengan memberikan sentuhan inovasi pada acara “Festival TANAH ABANG 2010”, maka Tanah Abang sebagai pusat destinasi wisata belanja di tengah kota Jakarta akan berdampak positif bagi pengembangan pariwisata di wilayah ini. Diharapkan melalui dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak, Festival Tanah Abang dapat menjadi salah satu acara budaya dan pariwisata tahunan yang penting dalam kalender pariwisata Indonesia pada umumnya dan Jakarta pada khususnya serta mendapat sambutan yang positif dari masyarakat.

TUJUAN PELAKSANAAN TAHUN 2010

• Melestarikan Seni dan Budaya Betawi.
• Merayakan terpilihnya Pasar Tanah Abang sebagai lokasi peraih ADIPURA 2010.
• Mengaplikasikan program ENJOY JAKARTA dalam bidang wisata belanja.
• Memaksimalkan potensi Tanah Abang sebagai destinasi wisata belanja kota JAKARTA.
• Memberikan kontribusi kepada peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan peningkatan perekonomian masyarakat khususnya Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
• Meningkatkan promosi pariwisata Tanah Abang dengan satu sajian festival yang menampilkan beragam kebudayaan khas metropolitan yang menarik serta menjadi ikon atraksi bagi Tanah Abang.

BENTUK KEGIATAN

1. KARNAVAL of TANAH ABANG menampilkan berbagai bentuk kreativitas seni dan budaya dari berbagai komunitas Seni, Budaya, Anak Muda, Teknologi dan lain sebagainya, mulai dari fashion on the street, marching band, kesenian daerah, kesenian kontemporer dan lain sebagainya. Karnaval of Tanah Abang yang rencananya akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Fachrudin (mulai dari Gedung Pusat Onderdil Pasar Tanah Abang hingga ke depan Hotel Milenium) ini akan mengundang peserta karnaval yang berasal dari kelompok Pedagang dan Pengusaha Pasar Tanah Abang, Pengusaha Hiburan dan Hotel, Perwakilan Kantor - Kantor Swasta dan Pemerintah, Perwakilan Murid - Murid sekolah serta Perwakilan masyarakat dari tujuh kelurahan yang berada di sekitar wilayah Tanah Abang. Disamping undangan, Panitia juga sangat mengharapkan kepesertaan dari seluruh lapisan masyarakat yang berada di Jakarta, Daerah maupun dari Luar Negeri. Para peserta karnaval selain akan menerima Piagam juga akan berkesempatan untuk memperebutkan Piala Bergilir Walikota Administrasi untuk juara sebagai penampil terbaik karnaval dan akan menerima Hadiah uang pembinaan.

2. FESTIVAL of BATIK BETAWI : Fashion on The Street, sebuah ajang kreativitas dan PROMOSI PRODUK serta LOMBA MERANCANG BUSANA menggunakan batik Betawi. Kelompok lomba terdiri Murid dan Mahasiswa Sekolah Fashion, Perancang Busana, Penggiat Batik Betawi serta Pedagang dan Pengusaha tekstil. Juri terdiri dari unsur Designer Senior, Editor Fashion & Life Style, Pakar Batik dan Pemda DKI Jakarta. Lomba yang akan menggunakan sepanjang Jalan Fachrudin (mulai dari Gedung Pusat Onderdil Pasar Tanah Abang hingga ke depan Hotel Milenium) sebagai catwalk dan para peserta lomba akan memperebutkan Piagam, Piala bergilir Walikota Administrasi Jakarta Pusat serta Hadiah Uang Pembinaan untuk juara I, II, III.

3. STAGE OF TANAH ABANG, Panggung Hiburan berukuran 8x10m dengan Sound System and Lightning berkekuatan 10.000 watt dihadirkan untuk mengguncang Festival TANAH ABANG 2010 dan menghibur pengunjung dengan menampilkan Artis Melayu Kontemporer seperti Ridho Rhoma, Iis Dahlia dan lainnya, para Artis dan Band Top Ibukota serta penampilan puluhan BAND INDIE LABEL dari berbagai genre dan akan diselingi oleh berbagai ATRAKSI KESENIAN DAERAH seperti Rebana Biang, Tanjidor, Ondel-Ondel, Barongsai, Reog ponorogo, Pencak silat dan lainnya yang berkeliling di arena Festival TANAH ABANG 2010.

4. WISATA BELANJA dan KULINER menampilkan Zona Bazaar TEKSTIL Tanah Abang, Zona Bazaar SOGO JONGKOK dan Multi Produk serta JAJANAN Khas BETAWI, Tradisional, Daerah dan Modern. Jalan Fachrudin, Jalan Jatibaru dan KH. Mas Mansyur disulap menjadi Wisata Belanja dan Kuliner, membentang membentuk kawasan segitiga yang dibuka untuk umum pada hari Sabtu, 30 Oktober 2010 mulai pukul 08.00 pagi s/d pukul 01.00 dini hari serta hari Minggu mulai pukul 07.00 s/d pukul 16.00 sore. Panitia menyiapkan sekitar 250 Tenda Sarnavil / Kerucut yang dapat disewa, masing-masing tenda berukuran 3x3m dengan fasilitas listrik, lampu dan saklar.

JADWAL ACARA

Sabtu, 30 Oktober 2010
07.30 - 07.40 : Upacara penyambutan Walikota Administrasi Jakarta Pusat
07.40 - 08.00 : Kunjungan Walikota Administrasi Jakarta Pusat ke stan – stan
08.00 - 08.10 : Sambutan Kepala Sudin Pariwisata Jakarta Pusat
08.10 - 08.20 : Sambutan & Pembukaan dengan Sirine oleh Walikota Jakarta Pusat
08.20 - 08.40 : Penampilan Kesenian Betawi
08.40 - 09.20 : Fashion on The Street
09.30 - 10.30 : Festival of Batik Betawi
10.30 - 18.00 : Karnaval of Tanah Abang
18.00 - 19.00 : Istirahat
19.00 - 01.00 : Stage of Tanah Abang

Minggu, 31 Oktober 2010
07.00 - 16.00 : Karnaval of Tanah Abang
13.00 - 15.00 : Stage of Tanah Abang
16.00 - 17.00 : Acara Penutupan Festival Tanah Abang 2010

Informasi lebih lanjut untuk sponsor, kepesertaan dan lomba, dapat menghubungi

Panitia FESTIVAL TANAH ABANG 2010

SEKRETARIAT :
Suku Dinas Pariwisata JAKARTA PUSAT
Jl. KH. Mas Masyur No. 130, Tanah Abang – Jakarta Pusat

CONTACT PERSON :
Mark Sihombing (0812 8910 7011 atau 021 - 70451309)

SURAT ELEKTRONIK :
festivaltanahabang@yahoo.com

REKENING :
Bank Mandiri : 155 00 017 6023 3 a/n Leonardus Sihombing
Bank BCA : 8820353049 a/n Sri Wulan Ningsih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar