Senin, 19 April 2010

= Musyawarah Buku: Percintaan Bung Karno dengan Anak SMA & Sukarno Muda

Musyawarah Buku: Percintaan Bung Karno dengan Anak SMA & Sukarno Muda

Date:
Wednesday, April 28, 2010
Time:
7:00pm - 10:00pm
Location:
Serambi Salihara, Jalan Salihara No 16, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta-Indonesia

Musyawarah Buku
Rabu 28 April 2010: 19.00 WIB
Percintaan Bung Karno dengan Anak SMA: Biografi Cinta Presiden Sukarno dengan Yurike Sanger, Penulis: Kadjat Adra’i (Komunitas Bambu, 2010)

Pengulas: Mariana Amiruddin (Direktur Eksekutif Yayasan Jurnal Perempuan)
Peter Kasenda (Pengajar Sejarah di Universitas 17 Agustus dan Penulis buku Sukarno Muda: Biografi Pemikiran 1926-1933)

Kita tak hanya mengenal Bung Karno sebagai Presiden Indonesia yang kharismatik, namun juga pelaku poligami. Buku ini adalah biografi cinta Sukarno dengan Yurike Sanger, seorang anak SMA yang dinikahinya di masa-masa senja kekuasaannya. Meskipun buku ini dilengkapi data sejarah penting sekitar digulingkannya Sukarno yang langsung diceritakannya kepada si isteri yang ABG, tetapi Sukarno sang pemimpin besar revolusi itu dalam buku ini tidak tampil sebagai aktor politik, melainkan sebagai lelaki, suami dan kekasih jempolan.

Namun buku ini akan dibahas tidak hanya dari sisi romantisme, seorang laki-laki yang sedang jatuh cinta, namun bagaimana sebuah relasi antara seorang laki-laki yang memiliki kekuasaan dengan seorang gadis lugu yang masih belia. Sebuah ikhtiar untuk mengulas dari perspektif perempuan. Pembahas buku ini adalah Mariana Amiruddin seorang aktivis perempuan dan Direktur Eksekutif Yayasan Jurnal Perempuan dan Peter Kasenda (Pengajar Sejarah di Universitas 17 Agustus dan Penulis buku Sukarno Muda: Biografi Pemikiran 1926-1933)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar