Kamis, 26 Agustus 2010




Time
July 1 at 12:00am - October 31 at 12:00am

LocationSemarang

Created By

More Info
SEJARAH KOTA SEBAGAI STARTEGI ARTISTIK DAN INTELEKTUAL SENIMAN

Masalah kemanusiaan (pribadi–manusia lain) hingga menuju solusi yang disepakati, akan membentuk sebuah identitas budaya. Tak lepas dari faktor terbentuknya sejarah dan budaya kota. Bisa juga karena telah terjadi kekuasaan tunggal yang melakukan kontrol sepihak demi sebuah kepentingan. Bisa dari individu-kelompok-organisasi-negara-koloni untuk merebut dan merubahnya sesuai selera. Kekuasaan secara langsung maupun tidak dapat membentuk budaya yang spesifik dalam kehidupan. Terlebih kekuasaan yang terjadi dengan periode jangka panjang. Bisa mengakar hingga jauh ke depan untuk menimbulkan efek, walau setelah kekuasaan tersebut lama berakhir.

Pemikiran diatas mengarahkan BYARCI untuk melakukan penelusuran sejarah. Melalui pengumpulan arsip dan dokumen baik secara tertulis maupun lapangan. Guna menyusun korelasi antara masa lalu dan saat ini. Kajian terhadap pola pikir dan karakter kehidupan di sebuah kota. Berbentuk tradisi (seni-budaya), komunitas (etnis), sistem pemerintahan (administrasi), strategi bertahan hidup (karakter), pakaian-kuliner-arsitektur (selera), dan fasilitas publik (politik). Gejolak diantara kesemuanya akan menjawab sejauh mana identitas Kota Semarang yang kosmopolit.

Kami mengembangkan kajian sejarah sebuah kota menjadi bentuk karya dan pemikiran kreatif. Dengan landasan perkembangan akulturasi budaya. Karya yang mampu melahirkan tingkatan intelektual dan artistik memadai. Ide intelektual seniman dalam menelusuri potensi kekuatan wacana lokal. Diolah melalui artistik yang mampu menyesuaika diri terhadap kekinian. Dengan pemahaman tehnik yang artistik melalui pemaknaan konten-konsep-konteks penciptaan. Secara jelas kesenimanan dan karya seni terbentuk melalui periode pemikiran manusianya, baik seniman (pelaku) atau sekitar (lingkungan). Proses kesenian yang terbentuk semata-mata tidak bersifat komersial, melainkan juga mampu berdiri sebagai sebuah pemikiran guna menyikapi peradaban manusia.

BYAR Creative Industry sedang melakukan perjalanan untuk mengumpulkan file, data, dokumen, dll, yang berkaitan dengan 'sejarah kota' SEMARANG. Akan sangat membantu kami apabila Anda berkenan berbagi informasi maupun artefak fisik akan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar