Minggu, 29 Agustus 2010

= Kelas Terbuka: Studi Gaya Hidup





Kelas Terbuka: Studi Gaya Hidup

Time
August 12 at 10:00am - December 2 at 12:00am

LocationBale Pustaka
Jl. Jawa no. 6
Bandung, Indonesia

Created By

More Info
LATAR BELAKANG

Gaya visual bisa menyatu dengan gaya hidup, karena dalam hidupnya manusia tidak bisa lepas dari bahasa rupa dua dimensi maupun tiga dimensi. Gaya merupakan suatu sistem bentuk dengan kualitas dan ekspresi bermakna yang menampakkan kepribadian seniman atau pandangan umum suatu kelompok. Bahkan gaya pun merupakan satu faktor dalam produksi artistik. Gaya juga merupakan wahana ekspresi dalam kelompok yang mencampurkan nilai-nilai tertentu dari agama, sosial dan kehidupan moral melalui bentuk-bentuk yang mencerminkan perasaan. Semua manusia adalah subjek gaya sehingga kecenderungan satu masyarakat dapat dianalisis melalui spektrum gaya.

Seperti terlihat di atas, gaya hidup adalah isu dan fenomena budaya yang sangat menarik. Namun buku yang khusus membahas tentang gaya hidup ini masih terbatas padahal peminat atas isu tersebut sangat banyak. Ini setidaknya terbukti dari bagaimana segelintir buku tentang gaya hidup yang pernah terbit di Indonesia selalu dicetak ulang. Selain itu, tugas akhir mahasiswa S1, S2 dan S3 pun banyak yang mengambil isu ini, namun kesulitan mendapatkan buku dan pengajaran yang komprehensif tentang topik ini.

Atas dasar itulah, Forum Studi Kebudayaan (FSK) ITB bekerjasama dengan Yasraf Amir Piliang, membuka kuliah bertajuk Studi Gaya Hidup, sebagai salah satu mata kuliah yang diajarkan di sub jurusan Filsafat Budaya dari Filsafat UNPAR pada tahun ajaran baru (Semestar1, 2010/2011). Agar penyebaran ilmu ini dapat menjangkau ruang dan akses yang lebih luas dan mudah, kuliah terbuka ini akan direkam dalam bentuk audio-visual sehingga dapat dimanfaatkan oleh para peserta dari luar kota Bandung

TUJUAN

1. Peserta memperoleh ilmu mengenai Gaya Hidup dari pakar yang terpercaya dan dapat berdiskusi dengan nyaman dan demokratis.
2. Peserta mampu memanfaatkan ilmu yang dipelajarinya untuk keperluannya di bidang Akademik maupun profesional.
3. Peserta mampu memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan dalam bidang terkait.

SASARAN

Para peserta kuliah terbuka Studi Gaya Hidyp ini diutamakan orang-orang yang tertarik dengan Kajian Budaya dan Humaniora, baik mahasiswa, dosen, atau pekerja dari berbagai bidang.

WAKTU

Hari : Kamis
Pukul : 10.00 – 12.00 WIB
Tanggal : 12 Agustus – 2 Desember (14 pertemuan)

|ada revisi, kuliah pertama dimulai tanggal 19 Agustus. Terima kasih|

BIAYA*:
Rp 400.000,- untuk 14 pertemuan (untuk anggota Bale Pustaka menjadi Rp 375.000)

(diskon untuk ikut 2 kelas: "Hermeneutika dan Studi Gaya Hidup", menjadi Rp 675.000 - untuk anggota Bale Pustaka menjadi Rp 650.000)

*pembayaran dapat dilakukan langsung ke Bale Pustaka atau transfer ke**:
- Rek. Mandiri: 130 000 475 6667 a.n Yasmin Kartikasari
- Rek. BCA:777 0389 504 a.n Mohamad Bijaksana Junerosano
- Rek. BNI: 018 078 6584 a.n Ruly Darmawan

**jika sudah melakukan transfer, mohon konfirmasi dan mengirimkan bukti pembayaran ke email fsk.

FASILITAS:

1. Buku: "Lifestyle: Sebuah Pengantar Komprehensif" karya David Chaney
2. Sertifikat (maksimal 2x ketidakhadiran)

PROFIL SINGKAT PENGAJAR

Dr. Yasraf Amir Piliang, MA (1956): Ketua KK Ilmu Desain dan Budaya Visual FSRD ITB, Penasihat Forum Studi Kebudayaan (FSK) ITB, dan Direktur Umum YAP Insitute. Mengenyam Pendidikan S1 di Desain Produk ITB (1984); kemudian melanjutkan S2 di Central Saint Martins, College of Art & Desain, London; dan mendapatkan gelar Doktor di ITB dengan disertasi berjudul "Layar dalam Multiplisitas Ruang-Waktu: Kajian Ontologi Objek dengan Pendekatan Filsafat Diferensiasi". Hingga saat ini telah menerbitkan 11 buku, diantaranya: Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan (1998), Sebuah Dunia yang Menakutkan (2001), Hipermoralitas: Mengadili Bayang-Bayang; Hantu-Hantu Politik dan Matinya Sosial (2003), Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika (2004), dll.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:
Yasmin Kartikasari
081931454591 | fsk.itb@gmail.com
Puji Wiranti (Bale Pustaka)
022-4207232 (jam kerja)

Penyelenggara: FSK ITB & Bale Pustaka
Didukung oleh: Penerbit Jalasutra

gambar diambil dari: http://syndication.ft.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar