Sabtu, 14 Agustus 2010

= AKU DAN YOU, Solo exhibition by Muhamad 'UCUP" Yusuf You are Attending · Share · Public Event



AKU DAN YOU, Solo exhibition by Muhamad 'UCUP" Yusuf
You are Attending · Share · Public Event

Time
August 24 at 8:00pm - September 14 at 6:00pm

LocationTembi Contemporary
Jl. Parangtritis Km 8,5, Tembi, Timbulharjo
Yogyakarta, Indonesia

Created By

More Info
Press Release

Pameran Tunggal Muhamad “UCUP” Yusuf: “AKU DAN YOU”
Penulis: Wang Zineng dan Jason Tedjasukmana
Pameran berlangsung 24 Agustus s/d 14 September, 2010
Pembukaan pada Selasa, 24 Agustus 2010, pukul 20.00 WIB
Di buka oleh: M. Agus Burhan
Hiburan Musik Unplugged oleh Dendang Kampungan
Tembi Contemporary
Jl. Parangtritis Km 8,5 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta 55816

Tembi Contemporary berbangga hati mempersembahkan AKU DAN YOU, pameran tunggal oleh Muhamad “UCUP” Yusuf. Setelah sebelumnya sukses mengadakan pameran tunggal di VWFA Singapura (5 – 29 Agustus 2010) yang menampilkan karya-karya cetak cukil kayu, kali ini di Tembi Contemporary, UCUP memamerkan karya-karya lukisan dan drawing.

Salah satu pendiri dari kumpulan seniman-aktivis Indonesia Taring Padi semenjak 1998 saat grup ini muncul dalam periode kerusuhan politis domestik, karya-karya Yusuf fokus pada sekitar kehidupan sosial dan politik. Kepedulian terhadap keadilan sosial dan hak-hak kaum minoritas dan komunitas marjinal membawa Yusuf beserta anggota taring padi lainnya secara konsisten menanamkan kesadaran akan pusat akar-rumput sosial dalam karya-karya mereka. Gaya mereka yang berbeda dalam menampilkan seni protes berusaha untuk menarik kesadaran terhadap kehidupan masyarakat sosial tertentu sebagaimana mereka menyoroti, mengejek dan mengkritik struktur ketidakadilan. Kritisisme yang merebak dalam karya Ucup jelas kentara dalam karya cukil kayu dan acap kali teraba dalam kanvasnya, memadukan ketajaman intelektual dan keindahan bertutur yang terkesan bermain-main dan sinis sekaligus. Humor memang dapat meringankan kegetiran dan hal ini adalah de facto terdepan dari suatu kelompok yang terlahir dari pergerakan pro-demokrasi berdarah di tahun 1998 dan bersikukuh pada komitmen ideologis perjuangan. Seperti halnya yang dilakukan Sudjojono hampir seabad yang lalu, Ucup dan rekan-rekannya prihatin terhadap pergerakan agraria dan nasib petani saat ini.

Didalam Aku dan You, sebagian besar terdiri dari lukisan dan penampilan visual repertoire Yusuf yang ekstensif. Memamerkan pilihan lukisan yang berbeda ukuran, potensi narasi dan personal relevance (pentingnya makna lukisan bagi diri sendiri), pahit dan mengigit dalam observasi dan kritik sosialnya dan terkadang fantastis. Yusuf mengerahkan kemauan dan imajinasi untuk menyajikan sebuah visi mengenai sebuah demokrasi sosial yang seimbang dan menyembuhkan. Adalah dengan bagaimana visinya menjadi semakin murni dan jelas dalam melawan keruhnya realita, kita bisa (mendekati, membahas, mengamati) karya-karya yang telah disiapkannya untuk pameran ini.

Keterangan lebih lanjut, hubungi :
Elly A. Mangunsong +62 818 468 283 | tembicontemporary01@gmail.com |www.tembicontemporary.com

Jam Buka Tembi Contemporary
Selasa – Sabtu, 10.00 – 18.00 WIB
Minggu, 11.00-17.00 WIB
Hari Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar