Jumat, 13 Agustus 2010

= JOGJA KARTUN HADINING ART






Pameran Kartun Kanvas - "jogjaKARTUN hadiningART"






Time
August 14 at 5:00pm - August 22 at 6:00pm
Location Bentara Budaya Yogyakarta
Jl. Suroto No. 2 Kotabaru
Yogyakarta, Indonesia
Created By
Bentara Budaya
More Info Dear All,

Setelah mengadakan pameran lukisan tunggal Soenarto PR, Bentara Budaya Yogyakarta akan mengadakan Pameran Kartun Kanvas dengan tema :

“jogjaKARTUN hadiningART”
Peresmian : Sabtu, 14 Agustus 2010, Pukul 17.00wib
Pameran untuk umum : 14 - 22 Agustus 2010 Pk. 10.00 - 18.00 wib
di Bentara Budaya Yogyakarta
Jl. Suroto No. 2 Kotabaru Yogyakarta
Telp. : (0274) 560404

Persatuan Kartunis Indonesia (Pakarti) memelopori para kartunis Indonesia untuk berkarya kartun dengan media kanvas di Bentara Budaya Yogyakarta, . Peserta pameran bertajuk “jogjaKARTUN hadiningART” berasal dari berbagai kota antara lain : Makassar, Jakarta, Bandung, Semarang, Salatiga, Solo, Klaten, Yogyakarta.

Para kartunis di Indonesia selama ini terbiasa menggambar kartun di atas kertas. Menorehkan goresan sederhana, namun mengundang senyum dan tawa. Karya-karya tersebut bisa dijumpai di berbagai surat kabar, tabloid, dan majalah. Para kartunis yang non-organik suatu korporet media massa, justru bisa dibilang produktif; untuk mencapai peluang sekaligus tantangan. Pikiran mereka justru terasah untuk menciptakan ide-ide segar. Namun energi kartunis yang terkuras dan waktu yang terbuang sering kandas karena keterbatasan space dan kapling di media massa tercetak.

Jika para pelukis banyak mewujudkan ide-idenya bercorak kartunal, maka sebaliknya kartunis pun bisa mewujudkan ide-idenya menjadi karya lukis yang menampilkan nilai artistik. Apakah hasil karyanya menjadi lukisan seperti halnya karya seorang pelukis? Belum tentu. Dengan media apa pun seorang kartunis mencurahkan ide-ide kartunalnya, maka hasil karyanya tersebut tetaplah sebuah karya kartun. Pasti ada yang membedakan antara karya seorang pelukis tulen dan seorang kartunis asli. Ada unsur-unsur deformatif, humoristik, satiristik, dan unsur artistik ditambah gaya penyampaiannya yang khas kartunis.

Diperlukan ketekunan dan meluangkan lebih banyak waktu khusus untuk membuat kartun di atas kanvas. Pola kerja baru ini kadang sedikit merepotkan bagi para kartunis. Namun bila dijalani secara konsisten memakai pola pikir, instuisi, gaya kartunal, hasilnya akan menjadi karya yang layak pajang.

Hasil karya kartunis di atas kanvas bisa menjadi karya lukisan karena dipajang di arena pameran dan berbingkai seperti halnya karya seni. Alhasil akan menaikkan gengsi atau martabat karya kartun, bahkan nilai jual. Sudah saatnya seorang kartunis yang berwawasan luas, kaya ide-ide, kepekaan intuisi, karyanya bisa tampil beda.

Kami tunggu kedatangannya. Terimakasih.

Salam,
Bentara Budaya Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar