Senin, 16 Agustus 2010

= DISKUSI SIGN AND AFTER, CONTEMPORARY ISLAMIC ART

DISKUSI SIGN AND AFTER, CONTEMPORARY ISLAMIC ART

Time
August 21 · 3:00pm - 7:00pm

LocationLawangwangi Art & Science Estate
Dago Giri 99 Warung Caringin - Mekarwangi
Bandung, Indonesia

Created By

More Info
Diskusi dan Buka Puasa Bersama
Pembicara 1 :
Prof.Dr.Abdul Hadi W.M (Sastrawan dan Dosen Fakultas Falsafah & Peradaban, Universitas Paramadina, Jakarta)
Pembicara 2 :
Rizki A. Zaelani (Kurator Pameran)

Tema: Estetika Islam dan Ekspresi Seni (Rupa) Islam Kontemporer Indonesia

Sejak peristiwa besar pameran seni rupa Islam kontemporer Festival Istiqlal I tahun 1991 dan Festival Istiqlal II tahun 1995 di Indonesia, praktis pameran yang mengusung tema dan isu ‘seni Islam’ di Indonesia ditengarai sedikit sekali. Boleh jadi hal ini disebabkan kurangnya kajian kembali, topik yang hangat dan diskusi yang luas apa itu estetika Islam dan apa itu seni rupa Islam kontemporer di Indonesia. Ironis, sebagai bangsa muslim terbesar di dunia dengan berbagai ragam ekspresi kultural yang berbeda-beda sekaligus berbagai fakta politik dan sosial tentang Islam yang mewarnai. Terlebih kalau dilihat ke belakang Islam juga turut serta terlibat dalam rangkaian proses sejarah pembentukan sebuah ‘bangsa’ Indonesia, ternyata hanya memiliki jangkauan seni Islam yang terbatas.

Kenyataan yang terjadi selama ini, upaya-upaya yang dituduhkan streotype bahwa estetika Islam atau seni Islam termasuk di Indonesia hanya bertumpu pada bentuk-bentuk kaligrafi, arabesque, atau geometris semata sepertinya pandangan yang mesti diperluas dan dielaborasi.

Dalam konteks kebudayaan dan kesenian Indonesia seperti itu, mungkinkah ada bentuk ekspresi seni rupa Islam yang ‘lain’? Kalau pun ada, bagaimana bentuk ekspresi seni rupa Islam tersebut? Lantas bagaimana seniman menanggapi realitas seni Islam yang demikian?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar