Jumat, 19 Maret 2010

= Ngobrol di IVAA tentang Penulisan Seni Visual dan Informasi

= Ngobrol di IVAA tentang Penulisan Seni Visual dan Informasi
Ngobrol di IVAA tentang Penulisan Seni Visual dan Informasi
Tanggal:
19 Maret 2010
Waktu:
16:00 - 18:00
Tempat:
Perpustakaan Indonesian Visual Art Archive
Nama Jalan:
Jalan Patehan Tengah 37
Kota/Daerah:
Yogyakarta, Indonesia


Ngobrol di IVAA
Penulisan, Seni Visual dan Informasi

IVAA mengundang (dengan konfirmasi) kehadiran teman-teman AKSARA IVAA dari berbagai angkatan untuk nongkrong dan ngobrol santai sore hari di IVAA. Kegiatan ini sungguh spesial selain untuk bersua kabar dan gosip, obrolan difokuskan mengenai dunia penulisan, seni visual dan informasi. Topik ini, sungguh menarik dan urgent di waktu sekarang, ketika kita hidup di zaman informasi, dan seringkali justru mengalami perasaan semangat-lelah-lesu berganti-ganti. Kegiatan ini, lebih jauh sekaligus dirancang sebagai sebuah “collective comments” dari kelas AKSARA IVAA yang telah menelurkan 11 angkatan kelas. Ini sebuah pernyataan dari perasaan-perasaan kita tentang dunia kita sehari-hari. Ayo bergabung!

Hari/Tanggal : Jumat/19 Maret 2009
Jam : 16.00 WIB
Tempat : Perpustakaan IVAA, Jalan Patehan Tengah 37 Yogyakarta
Teman Spesial : Primanto Nugroho

Bagaimana orang mencari, memilih dan mengembangkan informasi mengenai seni rupa dewasa ini? Jawabannya tentulah didasarkan pada keragaman kepentingan setiap orang. Kepentingan (yang beragam) itulah setidaknya yang akan menentukan jenis informasi macam apa yang dibutuhkan. Namun, seringkali terdengar cerita bahwa orang sesungguhnya tidak memerlukan informasi apapun dalam membeli sebuah lukisan (salah satu segmen seni rupa). Orang memutuskan membeli lukisan seringkali dilandasi oleh rasa “senang” dan “cocok” semata1 (entah karena pelukisnya, obyek gambarnya, warnanya, ukurannya, dll). Menyangkut hal tersebut, tentu saja bukan informasi dalam pengertian untuk kepentingan psikologis pembeli atau informasi teknis seni rupa seperti yang dibutuhkan oleh si pembeli lukisan dalam ilustrasi diatas yang akan dibahas disini. Tetapi lebih pada informasi dalam pengertian kabar atau berita2 tentang seni rupa.
Lalu, siapa saja yang membutuhkan kabar atau berita tentang seni rupa? Kabar atau berita tentang seni rupa macam apa? Yang mana? Untuk apa? Darimana mereka memperolehnya? Bagaimana memilih dan mengembangkan kabar atau berita tentang seni rupa sehingga memperoleh manfaat darinya bahkan bisa memicu imajinasi penggunanya?

Salam hangat,
Yoshi Fajar Kresno Murti
(Riset dan Pengembangan Program)
Kontak/konfirmasi: 0274 – 372095 (office), 0812 15 78398 (mobile)
email: yoshi.fajar@ivaa-online.org, ularpetani@yahoo.com

http://www.ivaa-online.org/home/id/ngobrol-di-ivaa-penulisan-seni-visual-dan-informasi/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar