Minggu, 14 Maret 2010

= Pameran Seni Rupa "MANDALA" I Dewa Nyoman Batuan"

Pameran Seni Rupa "MANDALA" I Dewa Nyoman Batuan"

Start Time:
Friday, March 19, 2010 at 6:30pm
End Time:
Sunday, March 28, 2010 at 6:00pm
Location:
Bentara Budaya Bali
Street:
Jl. Prof IB. Mantra No. 88 A, Ketewel
City/Town:
Denpasar, Indonesia



Pameran Seni Rupa
“Mandala” I Dewa Nyoman Batuan
Peresmian : Jumat, 19 Maret 2010 pk. 18.30 wita
Pameran untuk umum : 20 - 28 Maret 2010 pk. 10.00 – 18.00 wita
Kurator : Hardiman

Menghadirkan serangkaian perjalanan kreatif I Dewa Nyoman Batuan dalam melakukan eksplorasi Mandala. Seluruh periode penciptaan --baik yang dibedakan berdasarkan kecenderungan bahasa estetik, maupun berdasarkan fokus kajian yang dipersoalkannya. Seniman ini lahir tahun 1939 di desa Pengosekan, Ubud, Bali. Murid empu seni lukis tradisional Bali, I Gusti Ketut Kobot. Ia pendiri “Pengosekan Community of Artist”, sebuah perkumpulan pelukis Pengosekan.
Secara visual, lukisan tentang Mandala ini dibangun oleh konfigurasi titik, garis, dan bidang dalam gamitan lingkaran. Konsep yang dia ajukan ihwal konfigurasi ini bertalian dengan kehidupan sehari-hari, tradisi, budaya, dan agama. Sejumlah karyanya menyoal perkara ruang dan waktu dalam hukum perputaran, kelengkapan, keseimbangan, dan oposisi.
Sebagian dari kalangan seni di Bali menganggapnya sebagai salah seorang seniman yang bergulat di dalam ranah tradisi yang masih terus berfikir dan terus mempertanyakan eksistensi keseniannya secara ketat. Kehadirannya menjadi begitu berharga di tengah pencarian seni masa kini yang mengandaikan penziarahan ke sumber-sumber penciptaan di mana saja termasuk ke lubuk warisan masa lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar