Jumat, 14 Mei 2010

= tugitu unite narcism exhibition "bolak balik photocopy"


Tugitu unite narcism exhibition "bolak balik photocopy"


Start Time:
Saturday, May 8, 2010 at 7:00pm
End Time:
Saturday, May 15, 2010 at 8:00pm
Location:
RUMPUT KOTA art initiative
Street:
wonowoso RT o5/12, mojosongo, jebres
City/Town:
Surakarta, Indonesia


“Bolak-Balik Fotocopy”

Kali ini Tugitu Unite, sebuah kelompok kepemudaan kreatif (kalo boleh dibilang seperti itu) yang di prakarsai teman-teman dari sebuah kontrakan di sekitaran belakang Kantor Kecamatan Jebres. Kelompok ini cukup menarik, mereka setiap 2 bulan sekali membuat zine yang dibiayai oleh kantong mereka masing-masing(tentunya dengan donatur lainnya). Paling tidak Tugitu Unite telah member warna baru dalam dunia kesenirupaan khususnya di Solo.
Dengan formasi personil-personilnya yang memiliki berbagai ragam hobi, dari berdisko, mancing, membuat mereka memiliki ragam kegiatan yang berbeda-beda. Namun ada satu kegiatan yang rupanya sangat mereka gemari, semua personil Tugitu suka melakoninya, yaitu fotocopy. Ini bisa sangat dimengerti, karena dalam kekaryaan mereka memang selalu melibatkan mesin fotocopy dan teknis kekaryaannya.
Maka dari itu, judul pameran mereka kali ini yang diselenggarakan di Rumput Kota Art Initiative adalah “Bolak-balik Fotocopy”. Fotocopy memang telah menjadi bagian penting bagi kita, khususnya para mahasiswa, begitu juga para personil Tugitu Unite. Sering kali mesin fotocopy seolah-olah menodong kita untuk menggunakan jasanya. Misalnya ketika kita berurusan dengan administrasi Negara, sudah pasti kita akan diwajibkan memfotocopy document-document yang dibutuhkan.
Ini adalah satu bentuk kejelian Tugitu untuk menangkap sebuah mesin yang digunakan dalam berproses kreatif. Jadi “Bolak-balik Fotocopy” merupakan indikasi rutinitas Tugitu dalam berproses kreatif, dan hasilnya adalah karya-karya yang dipamerkan pada pameran kali ini. Ini sejalan dengan konsep pameran di Rumput Kota yaitu karya-karya yang muda, mudah, dan murah, tanpa mengkesampingkan nilai estetik didalamnya.
Semoga pameran ini bisa menambah wacana daqn alternative dalam berproses kreatif bagi siapapun yang memiliki hasrat untuk berkarya. Selamat menikmati dan mengkoleksi!

Herlambang Bayu Aji,2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar