Senin, 09 Agustus 2010

= Pameran Foto 65 Tahun Republik Indonesia "IDENTITAS UNTUK SEMUA"


Pameran Foto 65 Tahun Republik Indonesia "IDENTITAS UNTUK SEMUA"


Time
August 14 at 4:30pm - August 23 at 10:00pm

LocationGaleri Cipta III, Taman Ismail Marzuki
Jl Cikini Raya No.73
Jakarta, Indonesia

Created By

More Info
Pada 17 Agustus mendatang Republik Indonesia genap 65 tahun. Dalam rekaman beberapa jurufoto proses suka duka perjuangan ini terekam. Direkam oleh orang orang yang dengan sengaja dan kesadaran penuh membuat foto, menyatakan kehadiran dan pemikirannya dalam karya karya foto. Pada setiapkali kita merayakan hari kemerdekaan kita, nama jurufoto Alex dan Frans Mendur hadir, meskipun lebih sering terselubung nama organisasi tempat mereka bergabung IPPHOS. Sehingga jarang orang tahu siapa nama pembuat foto yang semenjak sekolah dasar dahulu kita lihat; foto pembacaan teks proklamasi oleh bung karno, dan pemasangan bendera merah putih dihari proklamasi tersebut. Foto foto yang sesungguhnya merupakan pernyataan diri (ekspresi dan identitas) dari para jurufoto yang menjadi bagian dari kita semua.

Proklamasi yang menyatakan kehadiran negara baru yaitu Indonesia, yang kemudian menjadi identitas dari kita yang berkewarganegaraan Indonesia. Pernyataan kemerdekaan yang sesungguhnya semenjak awal diperuntukkan untuk berbagai suku bangsa, agama dan kepercayaan. Semua sepakat untuk memiliki satu identitas dalam satu wilayah, meskipun berbagai keragaman, tercermin dalam Bhineka Tunggal Ika.

Namun kini dalam perjalanan seolah kita lupa bahwa pluralisme tetapi sekaligus kemandirian menjadi dasar pembentukkan negara ini. Aneka ragam budaya yang menjadi kekayaan bangsa seolah menjadi kendala. Keragaman budaya yang tidak pernah menjadi halangan bagi terciptanya negeri ini kini seolah menjadi halangan bagi keutuhan negeri ini.

Dalam karya karya foto akan terlihat aneka keragaman dan bahkan perbedaan sikap sesama masyarakat, sampai adanya kesepakatan tentang adanya satu negeri yang berbeda beda tetapi satu ini. Semangat dan sorot wajah entusiasme berbagai lapisan masyarakat.

Semua direkam bukan saja oleh jurufoto Indonesia tetapi juga oleh jurufoto Cas Oorthuys, asal Belanda yang turut mempropagandakan kemerdekaan Indonesia dalam karya karya foto yang menjadi buku “In Het Land in Wording” (1946).

Dari gambar gambar foto ini kita menjadi tahu dan sadar bahwa kemerdekaan yang kita nikmati sekanag ini adalah hasil kesadaran dan perjuangan individu individu yang bersama sama berniat membangun satu yang lebih baik, yang bukan hanya memenuhi kebutuhan sandang dan pangan melainkan pada harkat dan harga diri yang hanya akan dapat tercapai bila ada satu identitas yang baru untuk semua yang sepakat yaitu ; Indonesia…

Pameran foto ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan bulan kemerdekaan Dewan Kesenian Jakarta yang mengambil tema serupa, "Identitas untuk Semua ". Selain pameran foto, program lain yang ikut mendukung perayaan ini adalah Festival Seni Budaya Tiongha - Indonesia dan Pemutaran Film Kemerdekaan Kineforum yang diselenggarakan di sepanjang Agustus 2010.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar